SOSIALISASI WAWASAN KEBANGSAAN

Selasa, 8 Agustus 2017 14:45:07 - Oleh : Seksi Trantibum Kecamatan Panjatan

PELATIHAN KELOMPOK BINAAN UPK KECAMATAN PANJATAN TAHUN 2017

Safari Jum’at

EVALUASI DESA BINAAN KELUARGA SAKINAH TAHUN 2017

Pelatihan Pengelolaan IT dan Komputer Kecamatan Panjatan

PENTAS PENGGIAT SENI KECAMATAN PANJATAN TAHUN 2017

SOSIALISASI  WAWASAN KEBANGSAAN

KECAMATAN PANJATAN TAHUN 2017

 

Pemerintah Kecamatan Panjatan pada hari Selasa, 8 Agustus 2017 melaksanakan kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Wasbang ) diikuti oleh siswa-siswi SMKN I Panjatan yang akan bertugas menjadi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) pada Upacara Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke -72 Kecamatan Panjatan Tahun 2017 .

Sosialisasi wasbang ini bertujuan memberikan bekal kepada siswa-siswi yang tergabung dalam Paskibra Kecamatan Panjatan agar mempunyai pengetahuan tentang wasbang, sikap, mental dan kecintaan terhadap NKRI. Dan berusaha semaksimal mungkin untuk mengetahui, memahami dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila , UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika.

Kegiatan yang dipandu oleh Kasi Trantib Panjatan ini diawali dengan berdo'a, dilanjutkan dengan Sambutan Kepala SMKN I Panjatan, Penyampaian  Materi : 1) Wawasan Kebangsaan dan Tanggungjawab Sosial Remaja oleh Bpk. Sudarmanto, S.IP, M.Si  ( Camat Panjatan); 2) Kebijakan Pencegahan Penyalahgunaan Minuman Berakohol dan Minuman Memabukkan lainnya oleh Bpk. Supriyono, S.IP dari Sat Pol PP Kab. Kulon Progo ; 3) Bela Negara oleh Bpk Kapten Inf. Sujarwo (Danramil Panjatan) ; dan 4) Tertib Lalu Lintas dan Pencegahan Kenakalan Remaja oleh Bpk. Iptu Sitohang dan Aiptu Edi Setiyono dari Polsek Panjatan.

Siswa-siswi anggota Paskibra Kec. Panjatan yang berasal dari SMKN I Panjatan sangat antusias sekali mengikuti sosialisasi wasbang dari pagi jam 08.30 WIB sampai dengan selesai  tidak beranjak dari tempat duduknya, dan aktif menyampaikan pertanyaan-pertanyaan kepada nara sumber serta semangat mengucapkan yel-yel yang disampaikan oleh nara sumber.

Bpk. Sudarmanto, S.IP, M.Si sebagai nara sumber mengajak siswa-siswa yang terpilih sebagai paskibra agar selalu bersemangat dan mempunyai daya juang serta membekali diri dengan attitute (sikap yang baik), knowledge (pengetahuan yang luas),  dan skill (ketrampilan) . Disamping itu sebagai generasi muda harus paham tentang wasbang dan tidak melupakan jati diri kita sebagai bangsa Indonesia.

Selanjutnya,materi dari Sat Pol PP Kab. Kulon Progo berkenaan dengan program kerja Bapak Bupati Kulon Progo di bidang  pengurangan penyalahgunaan minuman berakohol dan minuman memabukkan lainnya. Bpk Supriyono menyampaikan bahwa minuman berakohol (mihol / miras) sangat berbahaya bagi kesehatan organ tubuh seperti hati, ginjal dan jantung. Bagi peminum, biasanya organ-organ vital tersebut akan menjadi rusak dan bisa mengakibatkan meninggal dunia. Olah karena diharapkan siswa-siswi SMKN I panjatan khususnya anggota Paskibra agar bisa memilih dan memilih dalam bergaul, dan mengajak agar bergaul di lingkungan yang baik dan jangan coba-coba minum minuman berakohol apalagi sampai pada narkoba. Karena akan menghancurkan masa depan  bagi peminum/pemakai nya. Pada kesempatan ini juga diadakan komitmen untuk menolak mihol di lingkungan SMKN I Panjatan dengan melakukan Deklarasi Anti Mihol yang dibacakan oleh Bpk. Kepala Sekolah SMKN I Panjatan dan ditirukan oleh Guru dan Siswa serta hadirin yang hadir dalam sosialisasi, serta dilanjutkan dengan penanda tanganan deklarasi.

Kapten Inf. Sujarwo (Danramil) dalam materinya tentang Bela Negara mengajak semua siswa yg tergabung dalam Paskibra agar selalu semangat, dan loyo dalam belajar maupun dalam melaksanakan tugas sebagai Paskibra Kecamatan Panjatan. Karena dengan menjadi Paskibra merupakan salah satu perwujudan bela negara.

Iptu Sitohang Polsek Panjatan menyampaikan materi tentang Kenakalan Remaja dikaitkan dengan penyalahgunaan Narkoba, Sedang Aiptu Edi Setiyono menambahkan materi tentang Tertib Lalu Lintas dengan mengambil sampel pasal 106 ayat 1, 2 dan 3 UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Bahwa setiap pengendara kendaraan bermotor wajib mengendarai kendaraan dengan wajar dan konsentrasi, dan juga wajib mendahulukan pejalan kaki dan pesepeda serta wajib mengetahui persyaratan teknis dan laik jalan. Dan apabila kita keluar dari gang mau keluar ke jalan  raya harus terlebih dahulu lihat kanan kiri dan menyeberang apabila  lalu lintas sudah sepi/layak untuk menyeberang, demikian yang disampaikan oleh Aiptu Edi Susilo..

 

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak