Pentingnya Sosialisasi Pencegahan KDRT

Untuk menambah wawasan kepada masyarakat tentang Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dan sebagai upaya pencegahannya, Kapanewon Panjatan dan Polsek Panjatan pada jumat pagi (26/03/21) melaksanakan Sosialisasi KDRT dan Pengarusutamaan Gender di Pendopo Kapanewon. Kegiatan ini dihadiri 30 peserta yang terdiri dari masyarakat, dan TP PKK Kalurahan se Kapanewon Panjatan.

Panewu Panjatan, Setiawan Tri Widada, S.Sos dalam sambutannya mengatakan, salah satu kewajiban orang tua terhadap anaknya yaitu menjaga keharmonisan keluarga dengan tidak memberikan contoh yang buruk kepada anak. Salah satunya dengan tidak melakukan tindakan KDRT.

Permasalahan KDRT jika tidak segera diantisipasi dapat mengganggu hak-hak peremuan dan anak seperti hak untuk hidup, hak untuk mendapatkan perlindungan dan hak untuk bersosialisasi di lingkungannya. Dampak dari KDRT juga sangat kompleks yang bisa mempengaruhi ketahanan individu maupun ketahanan keluarga.

Banyak faktor pemicu terjadinya KDRT yaitu seperti faktor ekonomi, perilaku buruk pasangan, perselingkuhan, dan menganggap rendah pasanganya.

Iptu Sanusi yang mewakili Polsek Panjatan menyosialisasikan UU No 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), selain itu juga mengajak masyarakat jika sudah memiliki keinginan untuk berkeluarga, harus ada perencanaan yang matang. Pasangan hendaklah jujur sedari awal agar tidak ada permasalahan dikemudian hari dan  jika dalam keluarga terdapat permasalahan agar dibicarakan dengan baik sehingga tidak adanya miskomunikasi.