KEWAJIBAN BERPUASA Oleh Kirmadi, SIP

Berpuasa yaitu menahan diri selama waktu tertentu dari kehendak perut dan syahwat sambil melaksanakan hukum lainnya menurut ketentuan Islam. Orang yang sedang berpuasa tidak boleh makan minum, merokok semenjak waktu fajar sampai maghrib, meskipun makanan dan minuman yang dimiliki halal dan baik.  Juga tidak boleh berjimak dengan isteri selama menjalan puasa.                                                       

QS 2/183. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Ditinjau dari segi kehidupan duniawi, memang makan minum dan berjimak dengan isteri itu merupakan kebutuhan yang penting.  Keduanya akan menjadi  peranan yang menentukan  nilai dan kemajuan seseorang.  Orang butuh makan dan minum untuk bertahan hidup.  Dengan demikian orang akan bekerja keras sesuai dengan keadaannya untuk mendapatkan hal yang halal menurut  hukum Allah. Demikian pula orang yang berkeluarga akan terlaksana keturunan bergenerasi  secara wajar menurut keridhoan,  bukan karena nafsu belaka akibat pergaulan bebas.  Tanpa kebutuhan bergenerasi, maka akan lenyaplah manusia puluhan tahun kedepan, oleh karena itu Allah sengaja menyatakan ketentuan-Nya sebagai berikut :

QS 3/14. Dihiasi bagi manusia itu mencintai syahwat (keinginan) dari perempuan dan anak-anak dan kekayaan yang banyak (bertumpuk) dari emas dan perak dan kuda tersedia (kendaraan) dan ternak dan ladang. Itulah kelengkapan hidup di dunia, dan Allah, pada-NYA tempat kembali terbaik. (2/29, 3/117, 6/32, 18/7, 29/64, 57/20, 28/77, 93/4).

Kebutuhan menurut syahwat dan perut itu hendaklah ditahan pada siang hari waktu puasa. Hal demikian Allah mendidik dan mengajarkan manusia menguasai diri sendiri  hingga sanggup bersikap wajar terhadap keadaan lingkungan dan menginsafi maksud serta nilai hidupnya di dunia ini.  Jika ditanya kapan mulainya kewajiban puasa ? Maka jawabnya  tentulah semenjak manusia pertama di dunia ini. Wajib puasa  selama siang hari Ramadhan, bulan kesembilan setiap tahun qomariyah.  Kewajiban ini diperintahkan kepada lelaki  dan perempuan yang sehat  secara wajar. Di samping   hal  itu masih ada kewajiban puasa yang lain, yang terkait dengan pelanggaran yang dilakukan orang islam, akan dibahas pada tahap berikutnya.