Kapanewon Panjatan Siap Melaksanakan Upacara HUT RI

Panjatan News- Kapanewon Panjatan berencana akan melaksanakan upacara  HUT  Ke-77 RI. Upacara tersebut merupakan yang pertama kali dilaksanakan sejak adanya pandemi Covid-19. Pada tahun 2020 dan 2021 upacara HUT RI tidak dilaksanakan.

Hal tersebut terungkap dalam rapat koordinasi (rakor) yang dipimpin oleh Panewu Panjatan Jumarna SIP di Ruang Rapat Kapanewon,  Senin (13/6). Rapat diikuti oleh pejabat struktural dan staf yang terkait dengan pelaksanaan HUT RI.

Direncanakan, upacara akan dilaksanakan di lapangan Kalurahan Panjatan dan akan melibatkan seluruh ASN, TNI dan Polri, Perangkat Kalurahan, siswa sekolah, dan tokoh masyarakat. Pelaksanaan upacara akan dilaksanakan secara sederhana dengan tidak mengurangi kehidmatan. Upacara akan dilaksanakan dua kali yakni pengibaran bendera di pagi hari dan penurunan bendera pada sore harinya.

Menurut Jumarna, Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) terdiri dari siswa SLTA sedangkan untuk paduan suara dari siswa SLTP. Untuk Paskibra akan dilatih secara intensif mulai bulan Juli oleh personil dari Koramil dan Polsek Panjatan, katanya.

Dikatakan pula, kegiatan peringatan HUT RI di Kapanewon Panjatan hanya berupa upacara bendera. Untuk kegiatan pendukung yang lain seperti pawai, karnaval, maupun lomba belum diadakan. Karena untuk wilayah DIY, termasuk Kapanewon Panjatan, masih memberlakukan PPKM level 1, terang Panewu.

Menurut Kepala Jawatan Keamanan Kapanewon Panjatan Kirmadi SIP, menindaklanjuti dari hasil rakor pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak-pihak yang terkait dengan pelaksanaan upacara HUT RI. Antara lain, Koramil, Polsek, SMKN 1 Panjatan, MAN 2 Wates, SMPN 2 Panjatan dan Lurah Panjatan.

“Pada prinsipnya, semua stake holder siap untuk mendukung dan menyukseskan pelaksanaan upacara HUT Ke-77 RI tingkat Kapanewon Panjatan,” tandas Kirmadi.  (kir)