Pagar Keliling bersama Kapolres Kulon Progo

Panjatan News- Menyapa warga menggerakkan kembali poskamling (pagar keliling)  dilaksanakan oleh Kapolres Kulon Progo AKBP Muharomah Fajarini SH SIK. Kegiatan tersebut dilaksanakan di RT 9 Pedukuhan III Gotakan, Rabu malam (15/6). Kunjungan Kapolres tersebut disambut oleh Panewu Panjatan Jumarna SIP bersama tokoh masyarakat setempat.

Dalam kesempatan tersebut Muharomah mengatakan, tujuan dari adanya pagar keliling tersebut sebagai motivasi untuk melaksanakan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Siskamling penting dilaksanakan, sebagai wujud ihtiar untuk menciptakan kemanan. Kejahatan dimulai dari niat pelaku, ada kesempatan maka bisa terjadi. Oleh karena itu perlu diaktifkan kembali siskamling, harap Muharomah.

Lebih lanjut, Muharomah menambahkan, dengan adanya siskamling ikut serta memantau kejahatan jalanan yang ada di sekitar kita. Akhir-akhir ini marak kejahatan jalanan yang dilakukan oleh anak usia sekolah. Oleh sebab itu siskamling juga menjadi sarana untuk mengontrol kejahatan jalanan tersebut, yang sering dilaksanakan pada malam hari. Selain itu peran orang tua sangat penting untuk mengontrol putra putrinya, tegas Muharomah.

Dikatakan pula, dengan adanya bandara YIA sebagai pintu gerbang Kulon Progo akan berpengaruh terhadap berbagai sektor kehidupan. Oleh sebab itu dengan adanya bonus demografi, maka anak muda Kulon Progo harus berperan dalam mengisi pembangunan dengan meningkatkan daya saing, jelasnya.

“Pagar keliling sebagai bentuk menyapa kembali poskamling. Kegiatan siskamling tersebut sangat penting untuk menciptakan kamtibmas yang ada di masyarakat. Keamanan bukan hanya tugas dari Polisi saja, namun kemanan merupakan tugas kita bersama. Selain itu dengan maraknya kejahatan jalan tersebut, siskamling juga sangat diperlukan untuk memantau anak muda yang ber ‘kluyuran’ di malam hari, “ tegas Muharomah.

Sementara itu, Jumarna mengucapkan terima kasih atas kehadiran Kapolres Kulon Progo tersebut. Ia berharap kamtibmas di wilayah Panjatan dapat terkendali dengan baik. Kapanewon Panjatan selalu berkoordinasi dengan Polsek dan Koramil dalam menjaga kamtibmas. “Terima kasih atas kunjungan Kapolres semoga terjalin komunikasi dan koordinasi yang lebih baik. Selama ini kamtibmas di Panjatan sudah berjalan dengan baik, koordinasi dengan Polsek dan Koramil selalu dilaksanakan untuk menjaga kamtibmas, “jelas Jumarna. (kir)