Panewu Ajak Aktifkan Ronda

Panjatan News- Panewu Panjatan Jumarna SIP mengajak seluruh masyarakat untuk mengaktifkan kegiatan ronda di masing-masing pedukuhan. Pernyataan tersebut disampaikan dalam patroli terpadu Sabtu malam (18/6) yang dilaksanakan pada 5 titik di wilayah Panjatan antara lain, Pedukuhan VII Tayuban, Pedukuhan VIII Depok, Pedukuhan VI Bugel, Pedukuhan II Kanoman dan Pedukuhan II Panjatan.  Dalam kegiatan tersebut diikuti oleh Kapolsek Panjatan AKP Harun Dwi Karyanta SSos, Komandan Koramil Panjatan Kapten Triyono, dan satgas Kapanewon Panjatan.

Lanjut Jumarna, kegiatan ronda penting untuk menjaga keamanan lingkungan. Selain itu, menjadi sarana silaturahim antar warga, memecahkan masalah dengan pendekatan-pendekatan tertentu, ujar Jumarna.

Dikatakan pula, bahwa dengan adanya ronda disertai dengan melakukan jimpitan, baik berwujud beras ataupun uang. Sehingga terkumpul kas untuk kegiatan bersama warga. Ditambahkan pula jimpitan dilaksanakan dengan mendatangi rumah warga, supaya saling ‘ngaruhke’. Selain itu, perlu memukul kentongan untuk menghidupkan malam, tandas Jumarna.

“Kegiatan ronda penting  dilaksanakan untuk menjaga keamanan, mewujudkan silaturahim antar warga serta mampu memecahkan masalah yang terjadi di masayarakat. Dengan kegiatan ronda tersebut  sekalian mengambil jimpitan. Kegiatan jimpitan tersebut sebagai wujud untuk ‘ngaruhke’ rumah-rumah warga. Tidak hanya sekedar jimpitan dikumpulkan di pos atau tempat tertentu, “ jelas Jumarna.

Pada kesempatan tersebut, Panewu juga mengajak warga untuk mematuhi protokol kesehatan pada PPKM Level I. Ditambahkan pula dengan merebaknya penyakit mulut dan kuku (PMK), maka hewan ternak maupun hewan Qurban yang diindikasikan terkena PMK segera hubungi puskesmas hewan, harap Jumarna.

“Saat ini DIY pada umumnya dan Kulon Progo pada khususnya PPKM Level I, bahwa dengan level tersebut sudah banyak kelonggaran dalam kegiatan, terlebih saat ini banyak hajadan. Akan tetapi prokes tetap dilaksanakan, paling tidak memakai masker walaupun di tempat terbuka dan sering mencuci tangan dengan sabun,” harap Panewu. (kir)